Imaginarium Of Doctor Parnassus adalah film arahan Terry Gilliam yang diluncurkan tahun 2009 lalu. Walau sebenarnya sudah banyak review review sejenis yang mencoba mengulas keseluruhan film ini, namun saya berketetapan hati untuk mencobanya walau sedikit telat, karena film ini punya arti yang sangat besar bagi saya untuk mendiang Heath Ledger, aktor muda asal Australia yang mati muda saat di puncak karier. Pada saat yang sama pula pihak studio nyatanya belum menuntaskan film sirkus keliling yang melibatkan heath Ledger tersebut dan mereka dibuat pusing bukan main, hingga pada akhirnya mereka harus merombak beberapa cerita didalamnya.

Dan mari saya sambut Anda di Imaginarium Of Doctor Parnassus, hanya cukup mengeluarkan beberapa sen saja, kami akan menawarkan sebuah cermin ajaib yang membawa Anda ke kehidupan yang indah dengan warna warna pastel yang mempesona dan menghadirkan segala macam hal yang paling anda inginkan selama ini dan ketika Anda keluar dari cermin tersebut Anda tidak akan melupakan sensasi paling memabukkan dari yang pernah Kita bayangkan. Tapi pada scene scene pembuka ini kita akan diperlihatkan masa masa kritis sirkus keliling tersebut yang disajikan dengan adegan yang mengerutkan dahi yakni angle angle pengambilan gambar yang agak kurang elegan, belum lagi naskahnya yang tidak nendang dan karakter pemuda pemabuk yang cukup menjengkelkan.Untungnya mata sudah dimanjakan dengan gerobak kuda yang sangat unik ditambah saya sudah punya feel kalo kostum kostum yang mereka pakai sudah menghidupkan suasana.


And hey siapa tahu kalau ternyata dunia tersebut adalah hasil tawar menawar Dr Parnassus (
Christopher Plummer) dengan iblis bernama Mr.Nick (Tom Waits). Namun tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin mewujudkan dunia tersebut, yakni Valentina (Lily Cole) putri tunggal Dr.Parnassus harus dijadikan tumbal bila ia sudah menginjak 17 tahun. Yaelah ada juga ayah yang tega nian kepada gadis secantik ini dan selama itulah ia menutup nutupi klimaks cerita yang sering Valentina dengar padahal hal itu melibatkan dirinya. Karena sudah ngak tahan dengan permainan Mr.Nick yang diperlihatkan dengan tata make up yang sumpek bercampur frustasi maka dengan segala daya upaya ia mencari cara agar Valentina selamat dari genggaman sang iblis.Tapi bagaimana?

Dan untungnya datang seorang penyelamat bernama Tony yang secara bergantian diperankan oleh Ledger,
Jhonny Depp, Collin Farrel dan Jude Law). Yups tony mengembalikan masa kejayaan mereka dan mendulang banyak keuntungan ( gimana ngak banyak uang ?? yang keluar dari dunia tersebut malah rela menyerahkan mantel bulunya, beserta perhiasan perhiasan yang ia pakai dan ada yang menyerahkan uang cek dalam nilai yang sangat banyak)..

Nah tidak perlu menghiraukan jalan ceritanya yang tidaklah terlalu spesial seperti Alice In wonderland. Imaginarium Of Dr Parnassus malah lebih ramah menampilkan grafis grafis cerah dan berwarna seperti karya karya Tim Burton. Kalau kita mengingat Tim Burton yang tidak lepas dengan nuansa gothic dan kekelaman ceritanya, Terry Gilliam pun juga memakai model yang sama namun dengan memadukan unsur unsur yang lebih cerah dan meriah.Apalagi seperti yang telah saya singgung sebelumnya, tata kostum film ini sangat ciamik dan menyelaraskan lokasi dipakai begitu juga dengan make upnya.
Hmm juga ada yang tidak terlalu menggembirakan dari film ini yakni editing yang agak kasar dan ada pergerakan kamera yang tidak blur dengan tata visual (hmm nanggung nanggung kerja tim visual tersebut) .

Heath Ledger pun bermain tampak kurang maksimal diawal, seperti hendak mencoba sesuatu yang beda namun sedikat pincang dibeberapa adegan, tetapi tetap secara keseluruhan itu masih diatas rata rata seorang Ledger yang kukenal.
Lalu bagaimana dengan peran aktor lainnya dengan karakter tony? tenang saja hasilnya mereka malah muncul apabila sudah berada didunia Parnassus menggantikan Ledger didunia nyata. Hal ini tentu tidak merusak jalinan cerita karena performa akting Jhonny depp dkk yang menjadi kuncinya (walau sesungguhnya saya juga menerka nerka dimana saja adegan yang diedit dan mana saja naskah yang dirombak) saya tertawa sekaligus terharu simpul.

Adegan paling mengesankan bagi saya yakni ketika Mr.Nick bertemu dengan Valentina didepan dua kaca yang berbeda, Mr.nick berdansa dengan Valentina dan divisualisasikan dengan sangat sangat ARTSY dan MENAWAN (ohh film ini selamat dimata saya karena adegan yang satu ini yang bersinergis dengan selera yang saya punya) juga ketika Valentina berlari lari dengan hujaman kaca kaca disekitarnya. Jadi saya sepakat sekali Oscar mengganjar Imaginarium Of Dr Parnassus dengan 2 nominasi teknis yakni Art Direction dan Costume Design.

Imaginarium Of Dr Parnassus pada akhirnya saya harus mempercayai satu hal pastilah jauh lebih bagus apabila Heath Ledger tidak keburu dipanggil ke alam baka, mengingat hubungan Plummer dan Waits yang cukup terjalin dijaga dengan performa yang cukup apik. Selain itu pasti line cerita akan jauh lebih kuat dan mendalam jika dengan memfokuskan ke hanya titik berat bagaimana menyelamatkan Valentina, bukan dengan menyaksikan jabaran kisah lain yang lebih kompleks namun tidak ter direct dengan porsi yang tepat.
Well tapi saya masih sangat terkesima pada film yang dikasih label "film heath Ledger yang Terakhir" ini. Sungguh sebuah keharuan yang mendalam bagi semua penggemar sejatimu.

Director : Terry Gilliam
Cast : Heath Ledger, Christopher Plummer, Lily Cole, Tom Waits, Andrew Garfield, Jhonny Depp, Jude Law And Collin Farrel


Score : 3.25/5


Diberdayakan oleh Blogger.