Reinkarnasi dalam penafsirannya dikalangan umum adalah suatu hal yang belum dapat diterima secara menyeluruh. Seperti halnya dalam paradigma yang saya miliki, reinkarnasi hanya berlaku kepada orang orang pilihan dan tertentu saja yang dengan Kuasa Sang Khalik ia dilahirkan kembali membawa misi misi khusus yang diemban padanya. Apalagi kalau kita menerobos akar masa lalu suatu kepercayaan atau boleh dibilang agama sekalipun, reinkarnasi adalah hal yang sangat dekat dengan sistem tersebut. Tentu saja reinkarnasi memiliki sketsa sketsa tersendiri yang tidak terurai oleh ruas pemikiran yang biasa.Banyak studi studi yang mencoba membongkar kebenaran dan tujuan reinkarnasi, tidak ketinggalan juga dari dunia perfilman yang mencoba menyingkap reinkarnasi dari sisi drama yang kental.

Birth karya Jonathan Glazer menyuguhkan sepenggal drama seorang anak manusia yang mengaku ngaku lahir kedunia adalah reinkarnasi dari seorang suami. Dibuka dengan adegan dimusim salju ketika seorang pria berlari lari disepanjang jalan dan ditangkap oleh kamera long shoot dari arah belakang. Tanpa naskah sama sekali. Ketika tiba didalam sebuah terowongan basah dan gelap, si pria bermantel tersebut tampak terengah engah, menahan rasa sakit ditubuhnya dan mendadak tersungkur. Hening.

Sepuluh tahun telah berlalu, seorang wanita yang telah sekian lama dirundung duka mendalam memutuskan untuk melupakan semua kenangan,cinta dan kebersamaan terhadap mendiang suami dan bersedia menerima pinangan pria lain dalam meniti kehidupan yang baru. Anna (Nicole Kidman) dan Joseph (Danny Huston) akan segera merayakan pesta pernikahan mereka. Namun kebahagiaan itu pecah setelah kedatangan seorang bocah misterius. Si Bocah mengaku ngaku adalah Shawn sang mendiang suami yang telah bereinkarnasi. Si Bocah juga mengatakan kalau Ana harus membatalkan pernikahannya kepada Jospeh. Seluruh anggota keluarga berdebat perkara Bocah tersebut. Anna pun mencari informasi lewat orang tua Shawn. Pun semakin kuat bukti bukti yang dimiliki Si Bocah tersebut,tentang semua kejadian kejadian indah diantara mereka juga orang orang yang berada disekitar mereka, Anna pun percaya bulat bulat dia memang Shawn.

Ketika dirilis film ini mendapat cacian dari beberapa kalangan namun tetap saja beberapa diantaranya memuji dengan riuh. Memang film ini menuai kontroversi karena satu adegan bath tub tanpa busana Nicole kidman dengan anak kecil tersebut. Padahal dalam mengambil gambar mereka tidak berada dalam ruangan dan waktu yang sama. Begitu juga dengan hal hal yang sangat menggaggu lainnya ketika Kidman mencium bibir si anak.Sangat mengganggu.

Film ini memberikan ruang yang baik sekali kepada Nicole Kidman untuk menunjukkan kualitas akting terbaik yang dimilikinya. Bagaimana ia harus tampil dengan sangat intens tampil sebagai wanita rapuh yang merindukan banyak hal hal penting didalam dirinya.Begitu juga ketika ia dihadapkan pada hal hal mustahil yang akan mempengaruhi keputusan terhadap pilihan pilihan kedepannya kelak. Nicole Kidman pun juga sangat memperhatikan transformasi dirinya sebagai aktris yang siap tampil berbeda, termasuk masalah rambut.
Di Cold Mountain Kidman tampil anggun dengan rambur pirang panjang,berambut gelap dan lurus dalam Birthday Girl dan berambut merah menyala di Moulin Rouge.Nah kali ini ia tampil mengenakan wig berambut pendek. Nah ia menjelma menjadi Anna yang luar biasa.
Adegan yang menjadikan film ini sangat kental dengan drama penghayatan bagi saya adalah ketika Anna dan Joseph duduk menonton diruangan teater. Kamera merekam mimik seolah tak percaya Anna diiringi musik orkestra dalam durasi yang cukup panjang. Cool.


Dari sini kita mencoba menggubris kehadiran "kemustahilan" didepan sebuah kehidupan keluarga Anna.Ada rahasia yang ditutup tutupi walau pada akhirnya secara gradual terkuak dan kita akan mengerti bahwa sebuah pembenaran yang kita terima begitu saja menjadi hal terbodoh selama kita memutuskannya.Walaupun tidak mencoba mengupas reinkarnasi dalam skala yang lebih luas dan hanya berkutat pada drama drama eksperimental kesemua karakter karakternya, Birth memberikan pemahaman yang sangat riskan ambiguitas tentang nilai sebuah kelahiran. Terlebih terhadap ending dimana Joseph menghampiri Anna dipinggir pantai, dihadirkan keibaan yang mendalam terhadap kepahitan yang dihadapi Anna, bahwa suatu kesalahan yang jauh lebih besar telah terjadi.

Film yang dinominasikan memperebutkan Golden Lion ini memang layak untuk disimak, apalagi statusnya yang underrated yang jarang dilihat khalayak umum. Sebuah pencapaian yang bagus sekali dari Kidman.


Directed By : Jonathan Glazer
Cast : Nicole Kidman, Cameron Bright,Danny Huston
Score : 4.0/5


Diberdayakan oleh Blogger.