Tahun 2007 lalu, rasanya tak lengkap tanpa mencicipi hidangan bermusikalitas tinggi yang mengambil setting di Dublin berjudul simple "Once".Film independent arahan John Carney ini tampil dengan ide cerita yang sangat sederhana dan minim teknis, namun meletakkan unsur musik dan romantisme sebagai roh yang hidup disetiap scene didalamnya.Romantis? yups.., coba kita ingat kembali Before Sunset yang mengalir lewat dialog dialog padat antara Jesse dan Celine dilatari dengan landscape Sungai Rheine dan jalanan kota Paris yang manis.Oh..betapa irinya saya pada pertemuan tak terduga mereka yang mengalir dengan dialog dialog fresh,cerdas dan tetap menyunggingkan lekukan senyum diwajah saya...Apalagi dengan sajian ending yang benar benar waahhh...
Begitu juga dengan Once,"Guy dan Girl" dipertemukan dan dipersatukan lewat musik yang membelai belaitelinga anda yag sudah lama sekali merindukan dentuman musik musik berselera tinggi. Diawali dengan pertemuan mereka dijalanan Dublin, sama sama menyukai musik dan bekerja sama debut rekaman.Melalui lagu lagu yang mereka bawakan, akhirnya muncullah benih benih cinta dalam tataran yang sesungguhnya walaupun tidak diungkapkan lewat sorotan mata dan ungkapan berupa kata kata.


Satu lagi, Pemandangan kota Dublin indah nan alami, Grafton Street yang sangat menyejukkan dengan hamparan pegunungan hijau dan ditingkahi perairan yang biru menjadikan pengalaman menyaksikan Once semakin menyenangkan.Berbicara dengan musik itu sendiri ada banyak track track yang ditawarkan, satu diantaranya (Falling Slowly) dipromosikan ke Oscar dan berhasil memenangkannya.Tapi kalau disuruh memilih sepertinya track "Say It Me Now"lah yang benar benar paling saya acungin jempol.Darah saya ikut ikutan mengalir kemuka mendengar jalinan emosi Guy yang sangat tinggi penghayatannya serta liriknya yang memang bagus. Ada juga "Broken Hearted Hoover fixer sucker guy" yang paling unik dari kesemuanya ,dan juga "All The Way Down" yang paling menyentuh.Guy (nama tidak disebutkan sepanjang film) diperankan dengan sangat apik oleh Glen Hansard.Pria yang memang orang asli Irlandia ini bakal akan saya nanti nanti album ataupun filmnya kedepan. Karena memang saya bukan orang sangat suka dengan lagu lagu hardcore pun dengan lagu melow. Glen Hansard adalah jawabannya.

once.. oncei knew how to look for you..
once.., once..,

but that was before
once..., once...
i would have laid down to died foe you
once..., once...
but not anymore...






Title : Once
Cast : Glen Hansard,Marketa Irglova,Hugh Walsh, Gerard Hendrick
Directed By: John Carney

Score : 4.5/5


5 Comments

Unknown mengatakan...

Waah saya juga suka film ini.hehehe.btw link ke blog ini akan segera saya pasang di blog saya. :)

Halomoan Sirait mengatakan...

Makasih banget ya Trio.
blog ini masih seumur jagung jadi butuh banget kekompakan blogger mania semua....
btw blog Anda yang mana ya..?

Halomoan Sirait mengatakan...

Ohh.. ya ampun maaf saya lupa..
kan saya yg undang Anda..
Keep spirit

Anonim mengatakan...

musiknya crunchy abis di telinga ga heran menang oscar kategori best original song..meski aku gag begitu suka ama plotnya tapi musik nyalah yang membantu ceritanya ini terlihat tidak biasa hehehhe

Halomoan Sirait mengatakan...

Benar Kang Delupher,nonton ke tiga kali baru aku mulai terbiasa dan meresap kedalam plotnya yang biasa. Tapi setelah diteLISIK ini urutan lagu yang kusuka..

1.AND THE HEALING HAS BEGUN
2.SAY IT ME NOW
3.LEAVE
4.ONCE
5.WHEN YOUR MINDS MADE UP
6.FALLING SLOWLY
7.LIES
8.ALL THE WAY DOWN
9.IF YOU WANT ME
0.GOLD
1.BROKEN HEARTED HOOVER FIXER

Falling Slowly memang terhitung enak didengar tapi 3 besar diatas yang seharusnya diPROMOSIKAN..Well how about you?

Diberdayakan oleh Blogger.