Ditengah tengah kesibukan saya ujian akhir semester, saya ingin mencuri waktu sejenak untuk memposting 10 best Performance 2010 ini.Sama halnya seperti Moan Choice Of The Year untuk rubrik film terbaik, penyusunan list ini juga yang pertama kali.Bedanya postingan ini lebih mendadak ketimbang menyusun list film terbaik.Jadi jangan heran akan tercium aroma tak sedap siapa siapa saja karakter yang saya pilih dan juga cara saya menjabarkan profil sikarakter.

Jajaran pemain bagi saya adalah aspek yang sangat strategik untuk mengangkat suatu penceritaan menjadi lebih berwarna- dan tentunya meninggalkan kesan.Langsung saja tanpa perlu berbasa basi lagi inilah karakter yang paling membekas selama tahun 2010 lalu :

#10 Andrew garfield as "Eduardo Saverin"
The Social Network

Sebenarnya dia aktor muda low profile bahkan saya tidak mengenalnya sebelum film ini dirilis- juga pada akhirnya saya tahu kalau dia the next Spiderman menggantikan Tobey Maguire. Nah David Fincher berhasil menempatkan Eduardo Saverin sebagai karakter yang menciptakan ruang emosi disini.Gigit jari kalau dia tidak masuk lima besar Oscar.

#9
Elle Fanning as "Cleo"
Somewhere
Apa yang mau saya katakan lagi pada generasi keluarga Fanning ini.Sang Kakak Dakota Fanning sudah membuatku tercengang dengan kecerdasan aktingnya lewat War Of The Worlds dan Man On Fire. Sang adik sendiri terakhir saya lihat sebagai anaknya Brad Pitt di Babel - lalu muncul di Somewhere dengan performa yang cup cup muachhh begitu ceria walaupun memendam rasa kesunyian..Seperti hendak ber de ja vu bahwa kelak merekalah generasi aktris paling cemerlang papan atas.

#8
(tie) Rebecca Hall as "Rebecca" & Amanda Peet as "Mary"
Please Give

Dua tokoh yang begitu berbeda dan punya karakter bertolak belakang - Rebecca tampil dalam karakter yang begitu cantik dan tulus- sedangkan Mary adalah karakter nyentrik yang sering mengucapkan kata kata yang membuat mulut saya menganga- seperti "Oh look! She Still Dead.."

#7
Jesse Eisenberg as "Mark Zuckerberg"
The Social Network
Satirnya facebook yang kita kenal nyatanya diciptakan oleh seseorang yang tidak terlalu banyak teman.Mark Zuckerberg juga menginspirasi saya untuk berbuat hal hal besar sebagai anak kuliahan.terkadang justru suatu permulaan besar sering dimulai dari hal yang paling kecil- seperti dia yang menumpahkan rasa sakit hati oleh sang pacar.

#6
Grigory Dobigryn as "Pavel"
How I Ended This Summer

Pavel boleh saya katakan mewakili remaja pada umumnya- begitu bersemangat jika sudah diberi tugas namun terkadang tidak mau bertanggung jawab.Pun begitu sulit rasanya mengambil keputusan yang parahnya malah mempersulit banyak orang.Ah tidak apa Pavel saya tahu dari situlah terkadang sikap anak muda lantas terbentuk.

#5
Collin Firth as "George"
A Single Man

Lucu rasanya jika kemampuan akting seorang Collin Firth malah terasah sangat tajam ditangan seorang debutan yang berprofesi sebagai designer pakaian.Gaya kehidupan metroseksual yang ia lukiskan dapat diterjemahkan dengan baik- cara ia berpakaian- dan kesopanan yang begitu halus.

#4Tilda Swinton as "Emma Recchi"
Io Sono Lamore

Tilda Swinton mengasah kemampuan literatur dengan sangat piawai.Pun kejeniusan dan kehebatannya tidak bisa lagi saya usik.Tilda Swinton sudah mencapai karier yang sangat fenomenal.I Am Love mengajak saya untuk kembali bergelora dengan semua itu.

#3Niels Arestrup as "Cesar Luciani"
A Prophet

Godfather era kini.Bedanya Godfather yang satu ini lebih suka main pukul namun tetap memancarkan karisma.Begitu berkuasa dan begitu memahami bagaimana anggota kelompoknya butuh perindungan.Pun rasanya aktor senior ini sudah sangat membuat saya kagum dengan pencapaiannya di A Prophet.Bgeitu saya segani
#2
Tahar Rahim as "Malick El Djebena"
A Prophet

Jacques Audiard memang tak hendak melupakan bahwa kehidupan drama didalam penjara ini harus disokong oleh karakterisasi yang prima.Tahar Rahim benar benar tidak memberi saya ampun pada sebuah transformasi karakter yang begitu besar.Suatu karakter yang bisa membuat anda merasakan ikut atmosfir yang bewgitu memukau dari perlindungan dari sang nabi.


and the number one is........
#1Birgit Minichmayr as "Gitti"
Everyone Else
Inilah karakter yang paling berwarna ditahun 2010 ini.Gitti adalah karakter yang 'otentik' dan rasa rasanya ingin sekali tertawa terus bersamanya.Entahlah Maren Ade dengan jurus seperti apa mengolah akting Birgit Minichmyr menjadi sesegar ini.Oh mungkinkah karena ia disokong oleh naskah naskah yang manis dan bertenaga? Yang pasti ketika saya mengingat liburan musim panas, ingin rasanya Gitti ada disebelah saya.


2 Comments

Rasyidharry mengatakan...

Natalie Portman as "Nina Sayers" di Black Swan bagus juga lhoo
:D

moan mengatakan...

Iya keren banget thrilling banget Portman..sayangnya Black Swan masuk tahun depan alias 2011 makasih sudah berkunjung...

Diberdayakan oleh Blogger.