Writing (Original Screenplay)

Dari jauh jauh hari saya sudah memprediksi naskah David Seidler "The King's Speech" akan mengunci kategori yang satu ini.Naskah Mike Leigh yang merupakan satu satunya harapan dari si single fighter Another Year nampaknya tidak bisa diremehkan.Begitu juga dengan naskah Inception yang juga tidak gentar menghadapai The King's Speech, lihat! Dengan begitu mengejutkannya Inception memborong Original Screenplay dari Writers Guild Award (WGA).Yups kapan lagi kita bisa diarahkan oleh suatu rekonstuksi mimpi yang begitu menakjubkan dari dunia sinema? Ada sisi originalitas dan dobrakisme yang dimiliki oleh Christopher Noland dan tidak dimiliki kandidat lain. So kategori utama ini jelaslah akan menjadi harapan paling besar untuk anda anda yang mengaku Nolanisme.
Should Win :Inception
Will Win :Tke King's Speech

Writing (Adapted Screenplay)
Aaron Sorkin terlampau berjaya disini, dan jika ditelisik kekuatan pesaing pesaingnya lagi, tidak akan memberikan perlawanan yang berarti.Naskahnya yang kebut kebutan namun tetap mensinergikan unsur serius dan hiburan adalah poin paling gampang diingat dari sini.Ya kita tidak perlu berpikir banyak serta meragukan apakah Aaron Sorkin yang bakal menaiki tangga podium nanti.
Should Win :The Social Network
Will Win :The Social Network

Visual Effects
Kelima kandidat memberikan tayangan visual yang sangat mengejutkan.Ada yang diperkuat dengan keartistikannya, sedangkan yang lain diperkuat dengan design produksinya.Namun hal yang terpenting sesungguhnya ialah bahwa kekuatan cerita tidak boleh dikesampingkan walau sehebat apapun sajian visual yang memanjakan mata anda. Maka dari itu tipis harapan untuk "Hereafter" Clint Eastwood dan "Alice In Wonderland" Tim Burton. Khusus untuk Iron Man 2 saya belum mau menontonnya jadi saya tidak akan ngoceh apa apa.Tersisa dua kandidat “Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1” dan “Inception”. Saya rela jika Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 yang disebut sebut seri terdahsyat akan mendapatkan yang satu ini.Namun apalah daya lawannya terlalu kuat.
Should Win :Inception
Will Win :Inception

Sound Mixing
Roger Ebert dengan beraninya memilih The Social Network untuk kategori yang satu ini. Tahukah Anda saya juga akan melontarkan nada yang sama, Social Network menyajikan setiap alur dengan kesunyian dan kemeriahan dengan batas batas sound mixing yang menawan.Pembawaannya begitu tenang dan menghadirkan suatu titik kepuasan jika menyaksikannya.Masalahnya adalah benarkah kategori ini bisa disabet dari tangan pesaing lain yang bergenre action semisal Inception? Ah saya masih optimistis untuk itu.
Should Win :The Social Network
Will Win :Inception

Sound Editing
Nah kategori ini mudah saja. Richard King perwakilan sound department Inception yang paling anyar disini.Setelah kemenangannya yang lalu di Master and Commander: The Far Side of the World dan The Dark Knight rasanya beliau akan merayakan pesta dirumah untuk piala Oscar ketiganya.
Should Win : Inception
Will Win : Inception

Music (Original Song)
Kategori ini yang saya favoritkan karena lagu adalah bagian dari hidup saya dan semua orang pada umumnya.Jadi bicara bagian dari hidup itu rasanya "We Belong Together" Randy Newman untuk Toy Story 3 memenuhi kriteria tadi.Ketika persahabatan kepada mainan mainan tersebut yang menghadirkan romansa,tawa,canda dan keharuan membaur dalam saat saat perpisahan yang menggetarkan hati, Toy Story 3 sudah memiliki reputasi klasik oleh siapapun yang pernah bersamanya termasuk juri Oscar disini.Tapi tunggu dulu, sepekan ini saya juga terjebak dengan tembang surga yang syahdunya begitu meluluhkan hati “If I Rise” dari“127 Hours” musik oleh A.R. Rahman ( Lyric by Dido and Rollo Armstrong).Namun Oscar begitu ramah terhadap lagu lagu country belakangan ini, seperti kemenangan "The Weary Kind" Ryan Bingham tahun lalu (Oh memang lagu ini luar biasa sekali liriknya).Namun “Coming Home” dari “Country Strong” harus banyak banyak minum air karena sepertinya tahun ini bukan tahunnya lagu lagu country. Dua lagu tadi yang jadi sorotan dunia.
Should Win : If I Rise
Will Win :We Belong Together

Music (Original Score) Saya sempat menahan nafas sesaat ketika BAFTA menolak Trent Reznor dan Atticus Ross dilima besarnya.Namun akhirnya lega juga karena sudah mengetahui bahwa tidak ada kaitannya sama sekali BAFTA dan AMPAS, sehingga scoring sebrilian ini tetap selamat dipenjaringan Oscar.Scoring “127 Hours” A.R. Rahman menjadi pilihan kedua saya.Sebenarnya saya adalah penggemar Alexandre Despalt (Fantastic Mr Fox, Ghost Writer).Saya salah satu yang jengkel berat mengapa scoring Up - Giacchino yang bisa menang tahun lalu bukannya Desplat. di Mr Fox.Ini pendapat pribadi namun scoring Fantastic Mr Fox begitu khas dan unik.Saya malah lebih rela scoring Fantastic Mr Fox ini kalah dengan Scoring Where The Wild Things Are dari Carter Burwell (Hehehe).
(Back to topic) Yups tidak ada lagi bantahan Trent Reznor dan Atticus Ross yang akan naik kepodium menerima piala paman bugil itu.
Should Win : The Social Network - Trent Reznor dan Atticus Ross
Will Win :The Social Network - Trent Reznor dan Atticus Ross

Makeup
Tiga kandidat didalamnya belum ditonton namun suaranya terbelah dua.Ropeof Silicon mengatakan Barney's Version yang akan menang karena profil film ini lebih melesat dengan kemenangan Paul Giamatti di Golden Globe (memangnya ngaruh?) sedangkan suara terbanyak mengatakan The Wolfman paling menonjol dalam urusan make up sehingga layak dimenangkan. Ngapain pusing pusing? Toh ini khan kategori hiburan.
Should Win :The Wolfman
Will Win :The Wolfman

Foreign Language Film
Nah ini dia kategori yang paling sering saya soroti selama sebulan ini, begitu menantang untuk membedah siapakah yang akan menang.Yups dengan latar belakang penyeleksian yang begitu ketat dan tampak menguras hati dan tenaga, maka sudilah kita semua memberikan standing applouse untuk siapapun yang menang disini.Foreign Language adalah barometer perkembangan film film internasional diluar Hollywood dan Inggris, termasuk Indonesia tentunya.Hanya saja semangat Indonesia untuk tembus kategori ini masih terlalu kerdil loyo dan tidak bergairah.
(Let's the main point) In A Better World bukan jagoan disini.Mentang mentang sudah menang di Golden Globe, apa bisa melenggang begitu saja di Oscar? Huuh...Dua terkuat datang dari Biutiful dan Incendies. Saya sering mengkaji (Hallaahh..) peta kekuatan dua film ini dan seberapa mampukah keduanya bersaing memenangkan piala ini. Biutiful tampak begitu cantik dengan kehebatan Javier Bardem di leading actor? Oh ini kerap jadi parameter sederhana untuk menebak Biutiful yang akan menang? Ah apa se simple itu? Analisis saya (eh sok sekali..): Leading actor Javier BArdem sama sekali tidak berpengaruh terhadap suara juri Oscar dan saya benar benar skeptis besar. Kecuali anda mintanya dengan kondisi "Life Is Beautiful" tahun 1999 lalu ketika film ini dinominasikan dibest pictures dan roberto benigni dinominasikan best actor bahkan memenangkannya.
Nah INCENDIES bagi saya satu dua tingkat lebih berpeluang disini.Terlebih saya mendapat banyak dukungan dari Roger Ebert dan situs Ropeof silicon yang mengutarakan hal yang sama. Namun toh tanggal 27 Februari nanti kita akan menyaksikan apa analisis saya benar benar BENAR atau benar benar SALAH. Itu sisi menariknya..
Should Win : INCENDIES
Will Win : INCENDIES

Film Editing
Hahaha buat yang pro TSN rasanya bolehlah sedikit angkuh dan sangar disini...
Should Win :THE SOCIAL NETWORK
Will WIn :THE SOCIAL NETWORK

Documentary (Feature)
Acuan saya cuman satu yakni film dokumenter manakah yang menang DOCUMENTARY SCREENPLAY di Writers Guild Award. Inside Job yang memilikinya
Should Win :INSIDE JOB
Will WIn :INSIDE JOB

Costume Design
Collen Atwood, Sandy Powel dan Jenny Beavan yang paling senior disini.Namun kali ini saya harus menyingkirkan Sandy Powel untuk filmnya The Tempest, sehingga tersisa dua Collen Atwood untuk Alice In Wonderland dan Jenny Beavan untuk The King's Speech. Jenny Beavan sedikit beruntung lantaran ia merancang kostum untuk film high profil The King's Speech.Dan bisa saja itu mempengaruhi juri Oscar.Namun perasaan saya tidak enak dengan kostum The King's Speech dan lebih menyukai kostum ALice In Wonderland, terlebih kemenangannya di BAFTA kemarin.
Should Win :Alice iN Wonderland
Will Win : Alice In WOnderland
Cinematography
Sinematographer yang saya cintai Roger Deakins sudah lama memimpikan piala OScar pertamanya.Sembilan kali dinominasikan sepanjang hidupnya sembilan kali pula ia tidak bisa menang.Kejam kau Oscar.
Should Win :Roger Deakins - True Grit
Will Win :Roger Deakins- True Grit

Art Direction
Lagi lagi pertarungan Alice in WOnderland dan The King's Speech..Namun hati saya beda kali ini. King's Speech cukup kuat untuk menutup wajah Alice In WOnderland.Tim Burton telah kehilangan magis artistiknya, tentu Oscar juga pasti menyadari hal itu.
Should Win :King's Speech
Will Win :King's Speech

Animated Feature Film
Of Course Woody And Friends...
Should Win :Toy story 3
Will Win : Toy story 3

Actress in a Supporting Role
Masih memang memperdebatkan pecahnya suara The Fighter untuk Amy Adams dan Melissa Leo.. Hainlee Steinfeld siap membuntuti dari arah belakang dan kebetulan saya menyukainya. Bagi saya Hainlee Steinfeld pemenangnya disini, namun apa mungkin Oscar perdananya muncul dinominasi perdananya pula, terlebih umurnya masih belia.Sedangkan Jacki Weaver dan Helena Bonham Carter kurang berpotensi disini.Khusus Helena Bonham Carter- kemenangannya di BAFTA adalah keberuntungan semata hehehe.
Should Win :Heinlee Steinfeld - The Fighter
Will Win : Melissa Leo - The Fighter

Actor in a Supporting Role
Kalau kebanyakan orang mengatakan Christian Bale yang luar biasa disini, saya malah tetap nempel dengan John Hawkes.Namun ini tahunnya Bale dan saya sudah sejak lama looh menunggu Bale di kancah penghargaan besar.Ini saat yang tepat dimoment yang tepat.
Should Win :Christian Bale - The Fighter
Will Win : Christian Bale - The Fighter

Actress In Leading Role
Natalie Portman memang melejit disini, namun empat kandidat lain telah menampilkan performa yang briliant dan hal itu pantas diapresiasi.Anette Bening yang sudah saya sukai dari awal, Nicole kidman yang sudah kembali se memorable lagi sejak The Hours dulu, Jennifer Lawrence yang begitu dingin jika melihat berapa tahun umurnya, dan istri mendiang Heath Ledger "Michelle Williams" yang total gila dengan adegan dewasanya yang frontal. I LOVE YOU LADY.....
Should Win : Michelle Williams - Blue Valentine
Will WIn : Natalie Portman - Black Swan

Actor in a Leading Role
Tetaplah fokus diduel "Sigagap bicara versus Si Fasih Bicara" walau nampaknya sudah ketahuan siapa yang akan menang dan mendapat standing ovation yang menggelegar nantinya.
Should Win :Collin Firth - The King's Speech
Will Win : Collin Firth - The King's Speech

Directing
Yups akhirnya kita mencapai kategori utama yang sangat amat bergengsi.Achievement Of Directing. Tetap tulisan saya ini sangat subyektif dengan jagoan saya David Fincher - The Social Network.Social Network adalah pencapaian directing paling menggelegar bagi saya. Cukup lega sebenarnya ketika Christopher Noland DITENDANG dari wilayah ini, sehingga memudahkan saya untuk mengambil keputusan.
Should Win :David Fincher - The Social Network
Will Win : David Fincher - The Social Network

Best Motion Picture
Tidak ragu ragu lagi saya menyatakan diri saya sebagai #TEAMTSN yang PRO The Social Network. Entahlah mengapa ketika juri juri penghargaan yang lain mempermudah jalan The King's Speech untuk melenggang sebagai juara, apakah Oscar memang tipikal juri yang ikut ikutan kena arus.Ah kalau begitu Oscar memang kerap mengecewakan hati saya. Hati ini semakin ciut ketika King's Speech adalah kandidat yang mengangkat tema yang sangat bersahaja kepada selera Oscar. Kisah bangsawan terkenal Duke Of York, Latar Belakang Perang dunia II, ada embel embel NAzi pula..Lengkaplah sudah...mengharuskan TeamTSN merapatkan barisan (well tetap berdoa maksudnya...)
Should win : The Social Network
Will win : The King's Speech


Recap :
# King's Speech Wins 4 #The Social Network Wins 4 #The Fighter Wins 2 #Toy Story 3 Wins 2 #Inception wins 3 #Alice In Wonderland Wins 1 #Incendies Wins 1 ##Black Swan Wins 1 #Wlfman wins 1 #Inside Job WIns 1 #True Grit Wins 1


Diberdayakan oleh Blogger.