Martin scorsese kembali lagi menghasilkan karya luar biasa yang diadaptasi dari drama mafia terlaris Hongkong( Infernal Affairs) berjudul The Departed. Infernal Affairs sendiri dirilis pada tahun 2002 dan merupakan garapan duo sutradara Wai - keung Lau dan Alan Mak. Infernal Affairs sendiri bisa dikatakan film produksi Asia yang bisa dibanggakan didunia internasional dan merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa bersanding Hero, In Mood For Love, Old Boy & Syndrom Of A Century.( walau belum semuanya ditonton..).

Pada saat yang sama ketika Hollywood seakan akan kehabisan ide, maka bersama penulis naskah kondang William Monahan Martin Scorsese menggarap kembali lagi drama tersebut dan didanai oleh Warner Bross.


Tak tanggung tanggung, The Departed kebanjiran bintang kelas atas,di antaranya "aktor yang tinggal menanti piala Oscar ditangannya LEONARDO DICAPRIO, kemudian salah satu sejarah perfilman dunia JACK NICHOLSON yang mengambil peran super antagonis, bintang muda MATT DAMON dan MARK WAHLEBRG. Di tengah kesuraman dan ketegangan alur cerita didalamnya, ada aktris pendatang baru VEra Farmiaga yang memaniskan suasana.

The Departed memusatkan ceritanya pada tiga karakter utama dalam cerita ini. Masing-masing adalah Billy Costigan, Colin Sullivan, dan Frank Costello.

Frank Costello adalah seorang mafia kelas kakap di kota Boston. Semua orang berada di bawah kekuasaannya layaknya villain paling sentral.
Dalam peburuannya, kepolisian Boston kesulitan untuk mengelupas sepak terjangnya. Dan akhirnya, kepolisian Boston menerima Billy Costigan (Leonardo Dicaprio) dan memasukkannya sebagai agen penyamaran. Dengan aksen anak jalanan Boston yang kental dengan keliarannya, Frank Costello akhirnya dapat menjadikannya sebagai orang kepercayaannya.


Ternyata ada alasan lain mengapa Frank Costello sulit ditangkap karena ia mempercayai pengawalan anak asuhnya Collin Sullivan dibawah FBI. Dengan tempo yang cerdas dan cepat, kita akan dihadapkan pada hilangnya ruang batas antara siapa mata mata dan siapa orang kepercayaan yang sesungguhnya.

Billy Costigan digambarkan memiliki perangai yang liar dan kerap menghadapi kesulitan dalam mempertahankan identitasnya.Collin Sullivan yang memiliki wajah yang baik budi,rupawan, berpendidikan tinggi dan berprestasi nyatanya membela mafia mafia kelas wahid tersebut.


Film ini secara total dan sangat prima dalam banyak lini. Penyutradaraanya, Naskahnya , Aktingnya, Endingnya dan Totalitasnya sebagai sebuah hiburan tingkat tinggi. Walau sesungguhnya bukan karya terbaik seorang Martin Scorsese, ia sudah sepantasnya mendapatkan piala Oscar ( awalnya aku mendukung Clint Eastwood lewat Letters From Iwo JIma, ternyata kalah beberapa tingkat ).

Makanya tak heran, header blog saya "dijatuhkan" pada film Departed ini sebagai salah satu film terbaik yang pernah saya lihat sekaligus saya sukai.
Mudah mudahan perusahaan perusahaan hollywood mulai membuka mata untuk mengadaptasi ide ide cemerlang yang datang dari produk Asia.
Saya rasa sebagai anak bangsa kita perlu mempromosikan karya karya kita di tingkat global, siapa tahu dapat atensi yang besar..

Score : 4.25/5


Diberdayakan oleh Blogger.