Tahun 2009, selain disebut sebut tahun perhelatan akbar deretan Sci-Fi movie, juga dimeriahkan banjirnya animasi animasi yang sangat berkwalitas. Walaupun dominasi film film Produksi Pixar masih belum terpatahkan dalam menyabet kompetisi kompetisi internasional, saya rasa tahun 2009 adalah tahun kebangkitan untuk studio studio animasi lain. Yakni Gibli, salah satu pesaing paling tua di sejarah animasi dunia, kembali memberikan kepercayaan pada Hayao Animasi dengan tangan animatifnya menghasilkan PONYO. Kemudian jangan lewatkan SECRET OF KELLS yang mendapat tempat yang baik dimata kritikus.Juga ada buah tangan Henry Selick berjudul CORALINE yang sangat bagus, dan satu lagi jauh dari negri Kanguru "MARY AND MAX". Tapi yang akan kita bicarakan disini adalah film animasi tahun 2009 yang pertama kali saya tonton berjudul FANTASTIC MR.FOX.

Title : Fantastic Mr.Fox
Voice :George Clooney,Merryl Streep,Jason Schwartzman, Bill Murray, wiilem dafoe
Director :Wes Anderson

Fantastic Mr.Fox adalah debut penyutradaraan Wes Anderson untuk film animasi yang diangkat dari buku cerita anak anak karya ROALD DAHL berjudul sama. Menceritakan Mr.fox (Georger Clooney) dan istrinya Mrs.Fox (Streep) yang suatu hari sedang berburu, terperangkap didalam sebuah jebakan yang dibuat manusia. Dalam keadaan yang amat mendesak, Mrs.Fox memaksa sang suami untuk berjanji pada dirinya yang hamil muda untuk tidak lagi melakukan kebiasaan itu kalau saja lepas dari perangkap tersebut.Mr Fox pun berjanji dan akhirnya mereka pun lolos.

Dua tahun berselang, Keluarga Fox kini tinggal di lubang bawah tanah dan berprofesi sebagai jurnalis. Ia memiliki seorang putra, Ash (Schwartzman) yang merasa kurang diperhatikan oleh ayahnya. Lantaran ia semakin kesal dengan kedatangan sepupunya Christoperson yang kelihatan serba lebih.Mr.fox sendiri amatlah bosan tinggal didalam tanah dan berniat pindah ketempat yang baru. Dengan menampik saran pengacaranya (Murray) lantaran tempat tersebut berbahaya, mereka sekeluarga akhirnya pindah.

Rumah baru mereka yang sangat strategis dan dekat dengan ladang ladang dan peternakan membuat Mr.Fox tergoda untuk menyusun kebiasaan lamanya tersebut. Sayangnya, Mr.Fox tidak menduga bahwa para pemilik peternakan tersebut sudah lama sekali dendam padanya, yang tidak hanya mengancam ia dan keluarganya, tapi seluruh penduduk yang tinggal dihutan tersebut.







Wes Anderson menyajikan Fantastic Mr fox dengan sangat bergaya dan sangat artistik. Animasi Stop-Motion yang ia pakai mampu menghidupkan cerita ini kekelas yang lebih tinggi dimana orang dewasapun dapat untuk menikmatinya.Ditambah dengan Score music garapan senior Alexandre Desplat yang sangat berkesan dan menjadikan Film ini menjadi sangat unik. Ditambah lagi pengisi suaranya yang sangat jempolan.

Wes Andersonpun memberikan unsur komedinya yang sangat komikal,lucu,dan naskahnya itu loh yang benar benar kupuji..Pesan moralnya juga sangat dapat dimana kehangatan keluarga tetap diselipkan sebagaimana karya Wes Anderson sebelumnya.
Tidak ada kata lain untuk merangkumnya selain kata "MASTERPIECE" dan merupakan salah satu animasi terbaik dan sarat hiburan yang aku inginkan. Selamat menonton

Score : 4.5/5


Diberdayakan oleh Blogger.